(Ikiidemu - KULINER)  Musim panen jagung, terkadang membuat kita bingung akan membuat makanan apa yang bisa dibuat  dari jagung dengan sedikit berbeda.  Mau direbus atau dibakar terkadang juga sudah bosan.  Untuk itu kita butuh sedikit berpikir, akan diinovasi menjadi makanan yang bagaimana.

Ada cara mudah menginovasi jagung ini menjadi makanan yang enak namun tidak begitu menyita waktu banyak.  Salah satunya menjadi makanan lawas namun enak jika disantap.  Salah satunya dengan menyediakan jagung manis dan diolah menjadi makanan tradisional.  Adalah lepet jagung yang  bisa menjadi hidangan ketika berkumpul dengan keluarga

Kita cukup menyediakan jagung manis yang dipipil sebanyak 3 buah. Ditambah dengan 3 jagung manis yang diblender.  200 ml santan kental, 100 gr tepung terigu, 100 gr tepung beras, 1 bungkus bubuk vanili. Dan jangan lupa  setengah butir kelapa parut yang tidak terlalu tua, garam, gula pasir secukupnya dan kulit jagung yang  dicuci bersih.

Cara membuat juga cukup mudah yang pertama campurkan  semua bahan jadi satu, dan diaduk hingga merata. Selanjutnya jika adonan sudah siap yang dilakukan adalah melakukan pembungkusan.  Bungkus adonan menggunakan  kulit jagung hingga tertutup kedua sisi.  Boleh dilipat atau pun tusuk dengan lidi atau juga bisa menggunakan tali agar kuat.

Jika proses membungkus sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan mengukus hingga  matang. Tetapi jangan lupa air untuk mengukus diberi 2  helai daun pandan agar lebig sedap dan wangi.

Tunggu hingga matang, dan lepet jagung pun siap untuk dihidangkan dan dicicipi.  Lepet jagung merupakan cara mudah menginovasi jagung menjadi santapan peninggalan nenek moyang Indonesia yang hingga kini masih dilakukan oleh masyarakat.



0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts