(Ikiidemu - KERAJINAN) Kreatif,  banyak ide dan konsep yang menarik menjadi sebuah kebutuhan bagi industri kreatif saat ini. Dan para pelakunya juga tak segan  banyak yang peduli dan memanfaatkan ketersedian alam sebagai komoditinya.  Hal itulah yang dibidik dan dilakukan oleh warga Desa Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah  dengan kreasinya yang berbahan dasar dari tumbuhan yaitu memanfaatkan daun sirsak. 


Mungkin tidak banyak pelaku industri kreatif yang memanfaatkan alam atau tumbuhan sebagai inspirasinya.  Memanfaatkan bahan baku dari alam dan tumbuhan  sebagai bahan baku utama jelas sangat menarik.  Mengolah daun sirsak menjadi bahan kreasi  tentu tidaklah terfikir oleh kebanyakan orang.  Namun oleh Ratna  warga Desa Winong Kecamatan Pati kota  bisa menyulap daun sirsak menjadi bahan kreasinya. 
“Pertama kali saya mencoba-coba, namun tekstur daun sirsak setelah dilakukan pemprosesan ternyata sangat bagus dan lentur,” terang Ratna, lulusan IKIP Malang Jurusan Seni Lukis.
Membuat kerajinan dari daun sirsak ini bahkan sudah ditekuni sejak lama.  Inspirasi pun berlanjut  dengan menekuni kerajinan serta membuat ornamen relief berbahan dasar daun sirsak. 
“Hampir sepuluh tahun saya menekuni kerajinan berbahan dasar daun sirsak selain yang utama kerajinan dari bahan dasar batok kelapa,” jelasnya.
Di bulan Ramadhan ini  pesanan membuat kaligrafi dari daun sirsak pun berdatangan.   Tidaklah berlebihan   jika  Ratna harus menyediakan bahan baku daun sirsak yang tua lebih banyak.
“Saya selalu sedia bahan baku daun sirsak yang sudah saya proses, dan jika ada pesanan tinggal bikin saja sesuai pesanannya,” papar Ratna yang bernama lengkap Ratna Septi Anggrahenie.
Ditemui di bengkel kerjanya,  Ratna sedang mengerjakan kaligrafi kecil  pesanan dari langganannya luar kota. Selain kaligrafi  Ratna juga membuat ornamen lain seperti bunga,  penari atau juga ornamen relief sesuai pesanan. 

“Tergantung pesanan, mau dibuatkan yang bagaimana, kaligrafi atau ornament lain,” tandasnya.
Dengan kreatifitasnya tersebut  pada tahun 2009,  Ratna mendapat penghargaan dari Rekor Muri Sebagai Pelukis Dengan Berbahan Dasar Tulang Daun Sirsak.  Penghargaan tersebut  tentu semakin mengukuhkan bahwa kreatifitas Ratna memang memiliki keunikan.
Unik, kaligrafi berbagan dasar daun sirsak yang dikreasi oleh Ratna warga Desa Winong, Pati kota.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts