(Ikiidemu - BERTERNAK) Ketika melakukan budidaya ayam dan harga pakan mengalami kenaikan harga, tentu akan membuat kendala tersendiri.  Harga pakan untuk ternak, selalu menjadi momok peternak

Tetapi tidak dengan peternak asal Desa Kedungbulus Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Jawa Tengah.  Peternak tersebut bernama Bintang, yang melakukan inovasi pakan ternak ketika harga pakan naik.

Bintang memberi pakan azolla pinata untuk ternak ayam petelur untuk mensiasati harga pakan yang tinggi.  Pakan alternatif ini bisa menekan biaya pakan ternaknya, dalam setiap harinya.

"Tidak menyangka, jika dengan pakan alternatif ini, hasilnya  luar biasa dan bisa menekan biaya pakan hingga 50 persen. Hasil panen telur justru mengalami peningkatan," jelasnya.


Peternak terkadang dibuat bingung dengan harga pakan ternak yang mengalami kenaikan, namun tidak diimbangi dengan harga telur.  Kondisi tersebut membuat peternak ayam petelur semakin menjerit,  karena biaya pakan lebih tinggi dibanding dengan hasil penjualan telur. 

"Harga pakan dari pabrik jika mengalami kenaikan harga 10 persen dari harga normal, antara Rp. 350 ribu menjadi  Rp. 375 ribu  per karungnya.  Sedangkan untuk harga jagung jika mengalami kenaikan,  dari Rp. 3200  menjadi Rp. 4000  perkilonya," tambahnya.

Jika kondisi ini terus berlanjut maka akan banyak peternak yang gulung tikar.  Dan peternak harus  membuat terobosan baru, dengan mencoba pakan alternatif. 

"Pertama kali memberi pakan  azolla ini  merupakan uji coba. Harus berani spekulasi jika ingin berkembang.  Ternyata azolla sangat bagus untuk perkembangan ayam," terangnya.

Untuk bisa memberi pakan dengan azolla, Bintang mengembangkan azolla di kolam.  Dengan berkembangnya azolla maka setiap hari bisa memberi pakan ayamnya.

"Selain bisa menekan biaya pakan hasil panen telur pun justru mengalami kenaikan. Untuk peternak skala kecil,   jika memakai pakan pabrikan dan jagung, setiap harinya hanya bisa memanen telur 2,5 kilogram.  Tetapi dengan memakai pakan alternatif azolla hasil penan telur justru naik menjadi 3 kilogram per harinya," tandasnya.

Kenaikan 0,5 kilogram, tentu sangat membantu peternak  ketika harga pakan mengalami kenaikan.  Ditambahkan oleh Bintang azolla  juga meningkatkan kandungan protein telur  menjadi lebih tinggi. 

"Mengkonsumsi telur ayam  yang diberikan pakan azolla  menjadi lebih sehat.  Dan  yang pasti, azolla telah menolong peternak  untuk pakan alternatif  yang murah," pungkasnya. 




0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts