(Ikiidemu - KULINER) Daun kelor menurut penelitian, bisa menjadi obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit asam urat.  Masyarakat lebih mengenalnya sebagai pakan ternak,  namun oleh warga Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah,  daun kelor dikreasi menjadi mie yang sedang dan gurih  dan tentunya tetap bisa menjadi obat.

Sebagian masyarakat mengetahui bahwa daun kelor biasanya dijadikan pakan ternak. Namun demikian  beberapa penelitian membuktikan bahwa daun kelor bisa dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit asam urat.

Daun kelor biasanya dijadikan teh, yang diseduh untuk diminum  tetapi karena rasanya yang pahit oleh Muryati warga Desa Kedungbulus ini,  daun kelor diinovasi menjadi mie yang lezat dan tentunya rasanya pun tidak pahit lagi.

"Biasanya daun kelor hanya dikeringkan dan diseduh menjadi minuman teh saja.  Oleh karena itu saya terinspirasi, bagaimana jika daun kelor dijadikan makanan olahan.  Jadilah mie daun kelor ini," jelasnya.

Untuk membuat mie basah daun kelor ini, yang perlu disiapkan adalah daun kelor yang sudah dicuci, telur, tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras dan garam. 

Daun kelor kemudian diblender  dan kemudian dicampur dengan adonan tepung dan telur. Setelah menjadi adonan yang terlihat hijau  kemudian dibentuk agar pipih dan digiling.

"Bahannya membuat mie daun kelor ini cukup sederhana saja.  Dan cukup mudah dicari," tambahnya.

Dari hasil gilingan tadi,  keluarlah mie hijau daun kelor. Selanjutnya, mie tersebut dikasih tepung sedikit agar cepat mengering dan tidak lengket. Jadilah mie daun kelor, yang siap untuk dimasak dengan air yang mendidih. Setelah mie masak, kemudian disiapkan bumbu dari bawang bombay yang dirajang,  dicampur dengan telur.

Kemudian masukkan mie daun kelor  dan diaduk hingga merata, dan mie daun kelor siap disajikan dan disantap.  Muryati, sebelumnya mencoba beberapa kali agar menjadi kuliner yang lezat, sedap dan menjadikan mie yang lembut dan kenyal.


Muryati menambahkan bahwa bagi yang ingin merasakan dan mencicipi mie daun kelor,  bisa berkunjung ke stan kuliner di Pasar  Unggulan Pragola Pati. Dipastikan harga mie daun kelor sangat terjangkau,  karena hanya dipatok harga Rp. 8000,- saja.

"Sementara ini, yang ingin mencicipi mie daun kelor bisa mengunjungi stand kuliner di Pasar Unggulan Pragola Pati," terangnya.

Sementara,  warga Juwana Sinarto salah satu pembeli yang sudah sempat mencicipi mie daun kelor mengungkapkan, bahwa rasa mie daun kelor  ini sangat berbeda dengan mie biasa. 

"Mie sangat luar biasa, rasanya beda dengan mie biasa yang saya makan.  Selain gurih, lezat dan mantap, mie daun kelor ini dipercaya bisa menajdi obat herbal yang menyembuhkan penyakit asam urat," terangnya.


Menjadikan sesuatu yang punya nilai dan manfaat,  patutlah diberikan apresiasi. Dari yang biasanya dijadikan makanan ternak,  ternyata bisa menyulapnya menjadi mie yang lezat. Dan pastinya punya manfaat sebagai obat herbal,  penyembuh asam urat.


0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts