(Ikiidemu - KULINER) Melihat melimpahnya cabe kemudian mengering dan busuk, membuatnya mnejadi terinspirasi sesuatu yang bermanfaat dan yang pasti punya rasa gurih pedas dan renyah.

Adalah wanita asal Desa Margorejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang mengolahnya menjadi camilan yang bisa membuat ketagihan.

Walaupun sudah lama menekuni dan memproduksi olahan dari bahan dasar sayur menjadi stik.  Seperti stik brokoli, wortel, jagung manis, labu, seledri, daun jeruk, ubi ungu dan ebi, namun jika berbahan dasar cabe mungkin baru pertama kalinya di Kabupaten Pati.

Wanita kelahiran Semarang yang menetap di Margorejo ini bernama Kusmianingsih yang peduli dengan melimpahnya cabe dan mengkreasinya menjadi stik cabe. Bumbu yang dibutuhkan dan bahan serta cara pembuatannya pun sangta sederhana, tetapi jangan ditanya soal rasa, karena tentunya sangat gurih.

"Saya sudah puluhan tahun menekuni pembuatan camilan seperti stik sayur, namun jika stik cabe memang masih baru dan peminatnya ternyata juga banyak," jelasnya.

Cukup dengan tepung terigu, tepung tapioka, telur, bawang putih, mentega, garam serta tentunya cabe, Kusmianingsih bisa membuat stik cabe dengan menghabiskan 9 kg tepung terigu.

"Dari 9 kg tepung terigu bisa menghasilkan 13,5 kg stik cabe yang sudah matang tentunya.  Dan jika dibungkus atau dikemas bisa menjadi sekitar 50 bungkus," paparnya.

Untuk memperoleh stik sayur dan stik cabe sangatlah mudah dikarenakan bisa diperoleh di toko oleh-oleh yang ada di kota Pati.  Selain itu, Kusmianingsih juga melakukan penjualan dengan sistem online.

"Kalau penjualan online bahkan bisa sampai Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang dan Semarang.  Terkadang juga ada yang beli untuk oleh-oleh teman atau saudaranya yang ada di luar kota," tambahnya.

Untuk bisa merasakan stik cabe memang perlu merogoh kocek, namun harga stik cabe ini sangatlah terjangkau kantong anda.  Hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 12.000,- per bungkusnya jika membeli di toko oleh-oleh.

Namun jika membeli langsung ke Kusmiangsih maka cukup dengan harga Rp. 10.000,- per bungkusnya.  Apakah anda tertarik untuk mencobanya.

Kusmianingsih warga Margorejo menunjukkan stik cabe dan stik sayur buatannya.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts